Widget HTML Atas

Harga Jual Porang, Kegunaan Porang Dan Umur Produksi Porang Ditahun 2021

Porang merupakan tanaman umbi-umbian yang tengah populer dibicarakan dimasyarakat saat ini. Kalau masyarakat Banten, biasanya menyebut Porang itu adalah acung.



Porang sebenarnya sudah lama diproduksi dan diminati oleh warga luar negeri untuk dijadikan bahan olahan. Tetapi, sejak 2020 ini lah Porang banyak dicari dan di budidaya oleh warga. 

Salah satu pengusaha Porang dari Jawa Timur menjadi miliarder hasil dari usahanya menjual Porang untuk di ekspor ke luar negeri.


Apa itu Porang?

Porang merupakan tumbuhan umbi-umbian dari spesies Amophopallus Muelleri yang digunakan sebagai bahan baku kosmetik, tepung, jelly. Disamping itu pun Porang bisa digunakan sebagai emulsifier aditifnya bahan makanan. 


Porang dianggap tumbuhan liar yang tidak memiliki kegunaan. Karena pada zaman dahulu Porang bukanlah tumbuhan yang memilki manfaat bagi pemilik kebun. 


Kegunaan Porang Sebelum Era 2020

Banyak masyarakat atau warga yang kurang tau fungsi dari Porang tersebut, dahulu Porang ini merupakan tanaman yang tidak memiliki kegunaan karena tumbuhan ini memiliki bau yang menyengat seperti bau bangkai atau bau busuk.



Harga Jual Porang

Porang memiliki nilai fantastis. Ditaksir, Porang ini bisa mendapatkan pendapatan sekitar 11.31 miliyar dari 254 ton Porang per 2018. Luar biasa bukan. Dikit-dikit bisa lah jadi pendapatan negara selain dari pada komoditas yang lain. Kan lumayan tuh bisa nyicil hutang, kali.


Dari berbagai sumber Porang ini bisa di jual sampai 22.000/kg nya ada yang menjual 4000/kg nya untuk Porang segar. Untuk Porang yang siap ekspor sampai 14.000/kg. Bahkan ada porang yang seharga 25.000/kg. 


Berapa lama Porang Bisa di Produksi

Dibeberapa petani atau pembudidaya Porang, tumbuhan ini bisa diproduksi selama 6 bulan sudah bisa di panen jika hanya untuk kegiatan penjualannya saja. Tetapi, bisa mencapai satu tahun untuk Porang yang memiliki nilai jual tinggi. 


Dengan ini, Porang bisa mengurangi angka kemiskinan di Negara tercinta ini dengan banyaknya kebusukan yang timbul. Tapi bukan dari Porang dari hati manusianya. 


Ayo tanam Porang tuntaskan kemiskinan, mungkin lebih indah ya jika dengar sloga dengan kata "Porang  tuntaskan kemiskinan !! "


Semoga saya gak di cibir netizen. Untuk kamu yang tersayang yaitu negara maupun warganya. Mandirilah dengan menanam Porang. Semoga berkah dengan kebijaksanaannya. 


Ajakan Masyarakat untuk Menanam Porang

Udah saya sebagai penulis cuma bisa ini doang yang bisa saya sampaikan, jadi kurangilah perdebatan yang banyak dengan isi dari pemikiran kepala, alangkah baiknya langsung terjun ke masyarakat ajak untuk menanam Porang hahaha


Jangan lupa bantu share blog saya dan semoga terhibur dengan informasinya. Okey sampai jumpa calon generasi penerus negara tercinta lopyu bibeh !!



mojokceria
mojokceria Mari Mojok Mari Bercerita dengan Secangkir Kopi

1 comment for "Harga Jual Porang, Kegunaan Porang Dan Umur Produksi Porang Ditahun 2021"

Post a Comment