Widget HTML Atas

Fungsi dan Tujuan Diplomat

Diplomatik merupakan salah satu cara untuk menjalin dengan pihak lain yang mencangkup kerjasama, dialog dan negosiasi dengan tujuan yang menguntungkan dengan kepentingan dari  masing-masing pihak.




Bisa dikatakan diplomasi merupakan seni hubungan secara bilateral maupaun multilateral. Diplomasi sebenarnya di maksudkan untuk menjalin, mempererat hubungan dengan negara lain.

Cangkupan diplomasi ini bisa beragam yang berkaitan dengan politik, ekonomi, budaya dan sosial. 

Kenapa sih harus ada diplomasi antar negara?
Pada sebelum adanya diplomasi setiap negara dalam mencapai kepentingan negara menggunakan kekuatan militer artinya mampu menciptakan perang militer. Untuk mengantisipasinya dengan berdialog untuk mencapai kepentingan negara tanpa adanya penumpasan darah. 

Apa itu Diplomat?
Diplomat merupakan seseorang yang di tunjuk untuk kepentingan negara masing-masing atas dasar hubungan diplomatik berdasarkan UUD RI nomor 37 tahun 1999.
Diplomasi harus mewakili Indonesia dalam melaksanakan politik luar negeri dengan mengkolaborasikan kebijakan luar negeri dengan negara. Ada yang perlu dipertimbangkan negosiasi, reporting pun wajib untuk hal tersebut kepada negara sendiri, dan melindungi segala kebijakan dan kepentingan negara.

Jumlah diplomat di Indonesia sekitar 1.864 dengan 1.234 diplomat laki laki dan 730 orang diplomat perempuan.
Wisata Cibaliung
Wisata Cibaliung Mari Berjalan Mari Bercerita dengan Secangkir Petualangan

No comments for "Fungsi dan Tujuan Diplomat"