Widget HTML Atas

Imbal Jasa Lingkungan Bagi Perawat Hutan Kalimantan Barat


Hari makin terik dengan matahari yang menjulang tinggi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Hutan dengan suasana asri di Desa Laman Satong menyebut hutan ini Hutan Manjau.


Saat ini Desa yang menjaga hutan dari pembalakan liar dan di kelola menggunakan aturan-aturan yang berkelanjutan.


Aturan Pelarangan Oleh Peraturan Daerah

Persyaratan desa yang di buat seperti dilarang membuka lahan atau menebang pohon. Karena di Hutan ini terdapat terdapat pohon eksotik Kalimantan seperti merawan pasir dan Belian atau ulin. Hamparan vegetasi yang dimiliki mampu mengurangi emisi 4.684 ton karbon.


Kalimantan Mendapat Dana Hibah Untuk Konservasi 

Tropical Forest Consevation Act (TFCA) merupakan program kerja pengalihan utang antara Pemerintah hubungan Luar Negeri tujuannya untuk melindungi keragaman hayati penting dalam menjaga karbon hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi yang ditumbuhkan.

TFCA Kalimantan mengalokasikan 80% dana hibah untuk mendukung aktifitas konservasi lingkungan. Dana ini lewat Badan Layanan Umum Kementrian Lingkungan Hidup diperuntukan untuk pengelolaan Lingkungan Hidup sekitar Rp. 4.29 Triliun.

"KLHK bekerja keras konsolidasikan high Consevation value kawasan berupa kebijakan kawasan lindung dalam upaya konektivitas habitat satwa yang terfragmentasi selama ini karena perizinan." Kata Siti 

Untuk menekan laju deforestasi dan degradasi hutan Kalbar. Pemprov memiliki peraturan daerah tentang pengelolaan usaha berbasis berkelanjutan.

Wisata Cibaliung
Wisata Cibaliung Mari Berjalan Mari Bercerita dengan Secangkir Petualangan

No comments for "Imbal Jasa Lingkungan Bagi Perawat Hutan Kalimantan Barat"