Widget HTML Atas

5 Fakta Dan Skenario Tenggelamnya KRI Nanggala-402

KSL bakal siapkan opsi dalam pengangkatan kapal selam KRI Nanggala-402 dari dalam laut ke permukaan laut. Ya, sebelumnya sudah kita ketahui tenggelamnya di kedalaman 838 meter sesuai yang di sampaikan oleh Laksamana Yudo Margono sebagai Staf TNI Angkatan laut.


5 Fakta Dan Skenario Tenggelamnya KRI Nanggala-402


Kabarnya, pengangkatan KRI Nanggala-402 ini memiliki tingkat kesulitan tinggi dalam mengavkuasinya dan sangat riskan. Karena kedalamannya dan memperhatikan tekanan air yang juga besar disekitarnya.

"Pengangkatan nanti akan kita koordinasikan dengan pihak terkait, perhihal apa yang bisa dilakukan nanti dalam kondisi seperti ini (Tenggelamnya KRI Nanggala-402). Apakah di tali apakah ditusuk atau diangkat seperti jangkar.Upaya saya badan kapal ini bisa terangkat." Ujat Laksamana Yudo Margono.

Itulah yang sampaikan oleh L. Yudo Margono sebagai Staf TNI Angkatan Laut. Namun ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui.

Kehilangannya kontak di Perairan Bali setelah 1 jam ini diberi izin untuk menyelam pada pukul 03.00 WIB dini hari.


1. KRI Nanggala membawa 53 Penumpang

Kapal KRI Nanggala-402 ini membawa ABK sebanyak 49, 3 personel senjata dan 1 komandan satuan.


2. Adanya  Tumpahan Minyak

Humas Kemhan menyebut ada tumpahan minyak di area awal menyelam yang diperkirakan dari retakan kapal.


3. Terdeteksi Ada Pergerakan

Adanya pergerakan yang disampaikan oleh KRI Raden Edhy Marthadinata 331 dibawah air dengan kecepatan 2.5 Knot dekat tumpahan minyak, namun ini tidak bisa dijadikan rujukan kabarnya.


4. Dijuluki Sebagai Monter Laut

KRI Nanggala-402 ini dijuluki sebagai kapal Monster Lautyang dibuat oleh Negara German karena kekuatan torpedonya.


5. Stok Tabung Oksigen Kapal

Ketersediaan tabung oksigen untuk 72 jam atau sekitar 3 hari lamanya untuk awak didalam kapal.


Spekulasi Terhadap Karamnya KRI Nanggala-402

Ada banyak ragam teori juga terkaiit insiden karamnya KRI Nanggala-402 beserta awak kapal ini dan masih banyak menyisakan pertanyaan. Berbagai macam spekulasi dimunculkan guna mengetahui kebenaran yang menimpa KRI Nanggala-402 si Monster Laut ini. Salah satunya  adalah adanya spekulasi perihal umur KRI Nanggala yang sudah berumur karena kelelahan struktur badan kapal selam yang sudah 29 tahun lamanya.

Frans Wuwung Tidak setuju perihal spekulasi yang muncul barusan terkait umur kapal yang sudah tua. Beliau mengatakan dirawat sevara rutin dan sesuai dengan prosedur maintenance kapal. 

Apapun yang menyebabkan KRI Nanggala-402 ini tenggelam tetap harus ditelusuri kebenarannya. Selamat bertugas para pejuang  KRI Nanggala-402.

No comments for "5 Fakta Dan Skenario Tenggelamnya KRI Nanggala-402"