Widget HTML Atas

Cibaliung: Budidaya Jamur Tiram Asal Cibaliung Pandeglang, Buat Bangga

Cibaliung, merupakan salah satu kecamatan yang ada di Pandeglang Banten, pemuda asal cibaliung ini memiliki harapan dan keinginan mulia untuk bisa Membangun Cibaliung mandiri kedepannya. Hal ini dia lihat dari potensi pertanian  yang dia analisa dari tahun ke tahun. Pemuda yang bernama Yoga Al Muhyi asal MAN 4 Pandeglang yang dulu bergelut di organisasi Pecinta Alam Giri  Raksa.


 
Pembudidaya jamur tiram di cibaliung, Yoga Almuhyi (baju hitam)
Pembudidaya jamur tiram di cibaliung, Yoga Almuhyi (baju hitam)



Sebelum rumah jamur ada saya sudah 5 tahun dalam hal mempelajari jamur tiram secara otodidak dan 1 bulan belajar dengan dibimbing langsung oleh pembimbing lapangan saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lembaga Wanawiyata Widyakarya Vinasari bertempat di Cadasari, Pandeglang, Banten.


Rumah jamur berdiri pada tanggal 10 Mei 2020 yang di latar belakangi atas pengalaman di PKL sehingga berinisiatif untuk membuat suatu badan otonom praktisi budidaya jamur di cibaliung. 


Budidaya Jamur Tiram Asli Cibaliung Pandeglang Buat Bangga


Pengalaman PKL serta pengalaman rantau di jawa barat  memberikan motivasi tersendiri bagi saya, diluar sana banyak sekali inovasi serta kreatifitas yang terbangun di daerah lain, kenapa tidak daerah cibaliung juga bisa seperti itu. Dengan timbulnya pionir (rumah jamur)  tentunya diharapkan mampu memotivasi pionir lain untuk berkarya walaupun di bidang yang berbeda salah satunya pertanian.


Jika cibaliung memiliki ⅓ nya petani muda yang mau bekerja keras dan berinovasi tentunya hal ini menjadi keuntungan untuk daerah dari segi ketahanan pangan dan lainnya mungkin bahkan mampu menjadi pusat pertanian di pandeglang.


Budidaya Jamur Tiram Asli Cibaliung Pandeglang Buat Bangga



No comments for "Cibaliung: Budidaya Jamur Tiram Asal Cibaliung Pandeglang, Buat Bangga"